EKS ANDA LOGISTICIAN: Tugas Karya Tulis Ilmiah Logistik C Kelompok 4
Selamat Datang di Blognya Jurusan Anak Logistik

Minggu, 23 September 2018

Tugas Karya Tulis Ilmiah Logistik C Kelompok 4


Ekonomi kerakyatan adalah system perekonomian yang di bangun dengan kekuatan dari ekonomi rakyat. Ekonomi kerakyatan merupakan suatu kegiatan ekonomi yang bisa memberikan suatu kesempatan bagi masyarakat lain untuk bisa berpartisipasi sehingga perekonomian tersebut bisa terlaksana dan dapat berkembang dengan baik.

Manfaat Ekonomi kerakyatan
1.      Rakyat yang kurang mampu bisa mendapatkan suatu perlakuan hukum yang sama atau secara adil dalam masalah perekonomian.
2.      Dapat memberikan perhatian yang lebih pada rakyat kecil melalui berbagai macam program operasional yang nyata.
3.      Sistem ekonomi ini bisa mewujudkan kedaulatan rakyat.
Manfaat yang didapatkan kepada rakyat sangatlah membantu masyarkat dalam menghidupi kehidupan sehatri-hari dimana akan terfokuskan kepada kerakyatanya. Namun dari manfaat adanya ekonomi kerakyatan adanya kekurangan yang dimiliki ekonomi kerakyatan ini seperti adanya prakti membagik bagi-bagi uang kepada rakyat dimana hal inipun tidak dapat mmebuat kesejahtraan rakyat secara sempurna atau dominan. Dengan adanya ekonomi kerakyatan pengawasan dalam kebijakan atau kegiatan ini sangatlah harus ditingkatkan itulah yang di dapatkan dalam ekomi kerakyatan dan lainhalnya ekonomi lain seperti ekonomi pancasila

            Ekonomi pancasila atau Sistem Ekonomi Pancasila (SEP) merupakan sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat Indonesia. Beberapa prinsip dasar yang ada dalam SEP tersebut antara lain berkaitan dengan prinsip kemanusiaan, nasionalisme ekonomi, demokrasi ekonomi yang diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan, dan keadilan Ekonomi Pancasila dapat dianggap sebagai contoh sistem ekonomi campuran atau cara ketiga mengelola sistem ekonomi. Ekonomi Pancasila dipandang sebagai penyeimbang pendekatan neoklasik yang mempromosikan individualisme dan pasar bebas yang mengadaptasi nilai-nilai masyarakat Indonesia, termasuk nilai-nilai agama, budaya, adat istiadat dan norma-norma seperti kelebihan dan kekurangan ekonomi pancasila
Yang memiliki karakterisitik:

1.   Pengembangan kooperatif
2.  Komitmen terhadap ekuitas
3.  Kebijakan ekonomi nasionalis
4.  Perencanaan terpusat
5.  Implementasi terdesentralisasi

Kebijakan-kebijakan atau system perekonomian yang ada diindonesia salah satunya terfokus pada bidang transportasi. Salah satu dari transportasi itu ialah Transportasi darat. Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk  mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan. Transportasi darat yang mengambil pada ekonomi kerakyatan ada trasnportasi masal seperti Transjakarta,commuter line hingga yang sedang dibangun adalah MRT dan LRT. Dari sebagian transportasi tersebut terdapat karakterisitik adanya transportasi tersebut dari ekonomi kerakyatan ataupun ekonomi pancasila.harga yang murah di transportasi masal dimana dapat di jangkau oleh rakyat dengankenyaman yang sangat lumayan didapati dari harga tersebutnamun dengan harga yang murah belum dapat menyumpunrakan dari segi prasana dan kkkurangnya armada untuk memenuhi permintaan dari masyarakat sehingga kata “berdesakan” selalu terucap di bahasan transportasi masal.

Teknik analsiis kebijakan publik diindonesia ini dapat menggunakan teknik oleh William dun dan Menurut William N Dunn Analis kebijakan terbagi menjadi tiga tipe analis yaitu :

        Analis yang berorientasi pada disiplin (Discipline-oriented analysts). Kelompok orang/ para ilmuan pollitik dan sosiologi yang berusaha mengembangkan dan menguji teori yang didasarkan pada teori dan konsekwensi-konsekwensi kebijakan serta jarang mengidentifikasi tujuan-tujuan dan sasaran spesifik dari para pembuat kebijakan dan tidak melakukan usaha apapun untuk membedakan variable-variable kebijakan yang merupakan hal yang dapat diubah melalui manipulasi kebijakan dan variable situasional yag tidak dapat dimanipulasi.   Analis yang berorietasi pada masalah (Problem-oriented analysts). Kelompok orang/ para ilmuan yang berusaha menerangkan sebab-sebab dan konsekuensi dari kebijakan, serta tidak memperhatikan pengembangan dan pengujian teori-teori yang dianggap penting didalam disiplin lmu sosial, tetapi lebih memperhatikan variable yang dapat dimanipulasi oleh pembuat kebijakan. Orientasi masalahnya jarang menyajikan informasi mengenai tujuan dan sasaran kebijkan yang spesifik karena masalah yang dianalisis bersifat umum. Lain hal analisi pengimplementasian di kebijakan public juag diperlukan  yang dapat di[akai teknikoleh Model pendekatan implementasi kebijakan yang dirumuskan Van Meter dan Van Horn disebut dengan A Model of the Policy Implementation (1975)Proses implementasi ini merupakan sebuah abstraksi atau performansi suatu pengejewantahan kebijakan yang pada dasarnya secara sengaja dilakukan untuk meraih kinerja implementasi kebijakan yang tinggi yang berlangsung dalam hubungan berbagai variabel. Model ini mengandaikan bahwa implementasi kebijakan berjalan secara linear dari keputusan politik, pelaksana dan kinerja kebijakan publik. Model ini menjelaskan bahwa kinerja kebijakan dipengaruhi oleh beberapa variabel yang saling berkaitan, variable-variabel tersebut yaitu:
1.      Standar dan sasaran kebijakan/ukuran dan tujuan kebijakan
2.      Sumber daya
3.      Karakteristik organisasi pelaksana
4.      Sikap para pelaksana
5.      Komunikasi antar organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksanaan
6.      Lingkungan sosial, ekonomi dan politik

Dalam penganalisisan kebijakan yang didapat dari analisis wiliam dun dan van meter. Dapat kita pahami bahwa adanya kebijakan publik yang berpihak kepada masyarakat yang selama ini sudah dijalani diindonesia. Yangdapat di analisis dan pengimplemtasianya seperti Bantuan Langsung Tunai, BBM 1 harga, Paket kebijakan ekonomi 2 yang terfokus kepada peningkatan investasi dibidang property yang dapat berguna kepada masyrakat yaitu mudahnya masyarakat mendapatkan rumah dengan program rumah murah dipaket kebijakan ini. Pengimplemtasian di kkebijakan pemerintahan ada yang sangat bermanfaat kepada masyarakat namun ada dampak kurang baik pada kesejahtraan rakyat salah satunya yaitu Bantuan Lkangsun Tunai dimana masyarakat akan mendapatkan dana dari pemerintah namun lain hal itu tidaklah membuat kesejahtraan langsung kepada rakyat daeri hal itu.  

            Didalam bidang tranportasi kebijakan transportasi darat selama ini mendampakan positif da nada negative di berbagai pihak seperti :

Kebijakan Ganjil genap
Kebijakan ganjil genap di beberapa jalan protocol dan tol di jakarta dan daerah lainya. Memiliki dampak positif terhadap tingkat kemacetan. Dimana tingkat kemacetan menurut Satlantas dampak adanya ganjil genap menurunkan tingkat kemacetan di daerah ganjil genap.

Kebijakan penerapan transportasi Online
Kebijakan yang tertuang di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 terkait Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Merupakan dasar legalnya tranportasi online sehingga transportasi online dapat beroperasi di indonesia. Transportasi yang sangat memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini sangatlah mmebuat masyarakat mendapatkan manfaat yang lebih. Kemudahan dan fleksibiklitas dari transportasi online mmebantu masyarakat untuk kegiatan sehari-hari namun adanya kontra dari transportasi umum bertrayek menjadi permasaklkahan saat ini dimana pemerintah harus membuat kebijakan harga transportasi onlineda offline dapat berjaklan bersama.

Kebijakan ODOL (Over load and Over dimension)
Kebijakan ODOL su=ebernya sudah lama namun baru baru ini lah penindakan yang sangat tajam.kebijakan ini sangat baik terhadap keberlangsungan infrastuktur jalanan dimana menurunya tingkat kerusakan jalan yang dihasilkankebijakan ini membuat para pengguna jalan dapat memanfaatkan dengan baik namun dilain hal itu kita dapatmenganalisi dari pengimplemtasian kebijakan itu adanya mmebuat tingkat kemacetan dan biaya harga logistic yang meningkat.

Permasalahan dari atas dalam kebijakan kebijakan yang ada dan pengalisisan. Kebijakan selama ini mendapatkan nilai positif terutama yang berpihak kepada masyarakat namun sudut pandang lainya harus dapat dipertimbangkan terhadap sudut pandang lainya. Adanya kontra antara system ganjil genap dengan lalu lintas seperti biasanya karena terbatas untuk menggunakan kendaraan secara bebas  untuk menggenapi keperluan penduduk dan ojek online yang berkontra dengan angkutan umum lainnya dikarenakan pendapatan ojek online jauh lebih meningkat dibandingkan dengan angkutan umum lainnya sehingga masih menjadi masalah yang selalu di perbincangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar